Home » , » Cara Mengatasi dan Menghapus Spam "Gadis Mabuk" di Facebook

Cara Mengatasi dan Menghapus Spam "Gadis Mabuk" di Facebook


Cara Mengatasi dan Menghapus Spam "Gadis Mabuk" di Facebook - Sudah beberapa hari ini mimin sering lihat di akun teman - teman mimin yang kena malware atau tautan otomatis (autopost), mimin juga malah kena tag nya.. Hmmm... Berdasarkan pengamatan Vaksin.com, mulai tanggal 13 Desember 2014 lalu, penjahat siber ini mengeluarkan varian baru dan mulai mengeksploitasi Firefox.

Jika korban mengklik tautan jebakan "Gadis Mabuk" atau semacamnya yang beredar di wall Facebook, maka ia akan diarahkan ke situs phising yang mirip dengan YouTube. Alamatnya berada di beritavideo.info/gadis yang disamarkan sehingga mirip dengan YouTube. Kemudian, korban akan dikelabui seakan harus menginstal extension untuk melihat video. (Bagi kaka - teteh, mas - mbak, jangan asal klik aja yah.. hhee,, )

Jika korbannya mengklik plugin, maka ia akan mendapatkan peringatan dari Firefox bahwa beritavideo.info ingin melakukan instalasi software pada komputernya. Jika pengguna mengabaikan peringatan tersebut, secara otomatis peramban akan menginstal sebuah extension bernama 'Full Screen 4.0'. Kemudian malware yang menyamar jadi ekstensi tersebut akan membuat akun Facebook korbannya melakukan auto-posting malware 'Gadis Mabuk' di wall Facebook.

Khusus bagi pengguna peramban Firefox, jika terlanjur jadi korban (seperti temen mimin), Vaksin.com menyarankan untuk melangkah langkah-langkah berikut:

  1. Buka peramban Firefox
  2. Ketik about:addons di bagian kotak Go to a website. Setelah diketik, akan terbuka halaman extension.
  3. Cari extension Full Screen 4.0 dan klik tombol remove.
  4. Akan ada konfirmasi Full Screen has been removed. Kemudian, restart peramban Firefox.
  5. Untuk menghindari pencurian informasi dari akun Facebook, segera ubah password Facebook.
 
Jika ingin menjaga wall Facebook Anda dari auto tag tidak bertanggung jawab, baik dari autotag "Gadis Mabuk" atau autotag iklan jualan atau toko online abal-abal, aktifkan fitur timeline and tagging settings dari Facebook.

2 comments: