Home » » 5 Jenis sayur yang baik dan aman dikonsumsi pasien diabetes

5 Jenis sayur yang baik dan aman dikonsumsi pasien diabetes

5 Jenis sayur yang baik dan aman dikonsumsi pasien diabetes

Penderita diabetes harus menjaga makanan yang mereka konsumsi dengan sangat ketat. Memiliki makanan yang salah bisa meningkatkan kadar gula dalam darah mereka dan bahkan bisa membahayakan. Berikut adalah 5 Jenis sayur yang baik dan aman dikonsumsi pasien diabetes yang ditulis oleh merdeka.com :

Sayuran kaya serat
Serat pada dasarnya adalah karbohidrat yang tak bisa dicerna. Serat sangat penting bagi pasien diabetes karena bisa membantu membuat tingkat gula dalam darah menjadi stabil. Serat bisa ditemukan di banyak sayuran, namun kebanyakan serat terdapat pada kulit buah yang justru tak dikonsumsi oleh banyak orang. Beberapa sayuran yang kaya serat antara lain kacang polong, ubi, kubis brussel, bayam, dan lainnya. Mengonsumsi sayuran ini bisa memenuhi kebutuhan serat Anda setiap hari.

Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, kale, brokoli, dan lainnya bisa memberikan manfaat bagi pasien diabetes. Berdasarkan penelitian yang diungkap dalam Journal of Natural Product and Plant Resources, sayuran berdaun hijau bisa mencegah terjadinya abnormalitas pada darah yang biasa terjadi pada pasien diabetes mellitus. Pasien diabetes mellitus berkemungkinan mengalami penyakit darah seperti pendarahan, penyakit autoimun, anemia, dan lainnya. Sehingga dengan mengonsumsi jenis sayuran berdaun hijau ini bisa mengurangi risiko tersebut.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung banyak protein yang seringkali jarang diperhatikan karena tergantikan oleh protein dari binatang. Padahal kacang-kacangan baik untuk pasien diabetes karena mengandung protein dan serat yang bisa membuat tingkat gula darah menjadi stabil. Tak hanya mengandung protein dan karbohidrat yang cukup, mengonsumsi kacang-kacangan juga membuat Anda lebih mungkin terhindar dari makanan yang mengandung karbohidrat buruk seperti makanan manis atau cemilan tak sehat. Coba berbagai macam kacang-kacangan seperti kacang merah, dan lainnya.

Sayuran tanpa zat tepung
Pasien diabetes harus memperhatikan dengan benar beberapa sayuran yang mengandung zat tepung dan karbohidrat. Beberapa sayuran mengandung lebih banyak karbohidrat sehingga bisa menyebabkan tingkat gula darah melonjak dan sulit dikendalikan. Beberapa sayuran yang banyak mengandung karbohidrat salah satunya adalah jagung. Lebih baik pasien diabetes mengonsumsi sayuran yang mengandung sedikit karbohidrat seperti kacang-kacangan, kale, bayam, dan lainnya.

Tomat
Salah satu efek buruk dari gula darah yang tak stabil adalah meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Jangan biarkan hal ini menimpa Anda. Konsumsi sayur yang tak hanya menyeimbangkan tingkat gula darah tetapi juga mencegah risiko kardiovaskular. Salah satunya adalah tomat. Sebuah penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi 200 gram tomat setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang berkaitan dengan diabetes. Selain itu, tomat juga tak mengandung zat tepung dan memiliki kadar gula yang rendah. Mengonsumsi tomat juga membantu Anda menurunkan tekanan darah lho!

Itulah beberapa jenis sayuran yang bisa membantu pasien diabetes menjaga kesehatan. Kombinasikan sayuran di atas dengan makanan sehat lainnya, serta jauhi makanan yang berkemungkinan meningkatkan gula darah!

0 comments:

Post a Comment