Home » » 8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung


Cara menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan, mengingat peranan jantung dalam tubuh manusia berfungsi vital yang bekerja memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Tidak seperti organ yang berada di luar tubuh, bagian organ dalam manusia biasanya lebih rentan terhadap penyakit serius seperti jantung, karena kerap kali tidak terdeteksi penyakit sejak awal, sehingga hal ini membuat pencegahan terhadap penyakit jantung lebih baik dilakukan, dengan menjalani pola hidup sehat untuk kesehatan jantung. Maka dari itu, sejak dini kita harus menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung. Berikut ini 8 cara menjaga kesehatan jantung yang ditulis blogging.co.id:

1. Tubuh tetap bergerak
Bergerak membuat energi sebagai fungsi karbohidrat dari makanan yang kita makan. Dengan terus bergerak, energi akan terbakar sehingga tidak menyebabkan penimbunan lemak. Tubuh yang bergerak akan membantu menjaga berat badan yang lebih sehat sehingga membuat jantung tetap dapat memompa dengan efisien.

2. Pemilihan makanan
Makanan yang kita makan sekarang, sangat menentukan kesehatan tubuh kita di masa yang akan datang. Pilihlah jenis makanan dengan kandungan yang rendah kolesterol, rendah lemak, dan juga rendah garam agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik. Seibangkan makanan sehat anda dengan menambahkan sayuran, buah, susu, serta biji-bijian ke dalam diet harian.

3. Relaksasi
Rutinitas sehari-hari sering menimbulkan kejenuhan yang mengakibatkan terjadinya stress, sehingga menyebabkan terganggunya sistem kardiovaskular pada fungsi jantung. Berhentilah sejenak, kemudian tariklah nafas dalam beberapa kali atau lakukan gerakan yoga atau meditasi untuk membuat jantung lebih rileks.

4. Cek kesehatan secara teretur
Pemeriksaan rutin kesehatan secara teratur bertujuan untuk mendeteksi secara dini, jika ada gangguan pada kesehatan. Tekanan darah dan kadar kolesterol harus dalam keadaan yang normal untuk memastikan jantung tetap sehat dari bahaya penyakit hipertensi, diabetes, serangan jantung.

5. Hindari merokok
Bahan-bahan kimia yang kita hisap dari asap rokok bukan saja berbahaya bagi fungsi paru-paru atau fungsi otak manusia saja namun, banyak yang tidak menyadari bahwa bahaya rokok dapat berpengaruh terhadap pembuluh darah dan jantung.

6. Berolahraga
Kegiatan olahraga sering kali dilupakan, karena kepadatan aktivitas yang menyita waktu. Namun dengan olahraga teratur akan membuat tubuh tetap bergerak melancarkan aliran darah, serta memasukkan udara segar ke dalam paru-paru. Olahraga mudah seperti berjalan kaki setiap hari akan menguatkan jantung, dan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah.

7. Hindari makanan siap saji
Makanan siap saji memang pilihan mudah untuk makan namun. Bahaya makanan siap saji, banyak sekali mengandung lemak dan garam bahan pengawet. Makanan tersebut, akan terakumulasi pada tubuh dalam waktu yang lama sehingga membahayak kesehatan jantung. Belum lagi kandungan zat aditif pada makanan seperti bahan pengawet, contohnya yang terdapat pada bahaya mie instan.

8. Tidur Malam Yang Cukup
Tubuh kita bukan robot yang bisa bekerja seharian tanpa henti. Istirahat yang cukup dengan tidur malam yang berkualitas akan memulihkan fungsi tubuh setelah seharian beraktivitas. Kurang tidur malam hari bisa mengakibatkan kerusakan jantung, maka dari itu disarankan untuk mencukupi kebutuhan tidur malam penuh selama 6 sampai 8 jam sesuai kebutuhan.

0 comments:

Post a Comment